Assalamualaikum wr. wb. Salam kenal, perkenalkan saya Sandi Fransisco Pratama. Saya alumni Biologi Universitas Negeri Padang tahun masuk universitas 2014 dan lulus pada Maret 2018. Alhamdulillah September 2018 saya diterima sebagai salah satu awardee lpdp dengan universitas tujuan yaitu Universitas Gadjah Mada. Sejak dinyatakan lulus sebagai awardee lpdp, beberapa teman-teman meminta saya untuk menuliskan pengalaman saya mengikuti seleksi beasiswa lpdp. Dalam tulisan ini akan saya coba berbagi beberap tips lolos beasiswa lpdp berdasarkan pengalaman saya mengikutinya tahun 2018.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti seleksi, beberapa hal yang perlu diperhatikan selama mengikuti seleksi beasiswa lpdp diantaranya :

  1. Memiliki tekad yang kuat dan percaya diri

Hal pertama yang perlu dimiliki ketika mengikuti seleksi beasiswa lpdp adalah tekad yang kuat dan percaya diri. Teman-teman perlu memiliki semangat yang tinggi dan yakin kalau nantinya teman-teman merupakan salah satu awardee lpdp. Mengingat teman-teman akan menjalani beberapa tahapan seleksi yang ketat. Maka semangat den keyakinan tidak boleh pantang surut.

Sedikit berbagi cerita, pada tahapan seleksi berbasi komputer nila TPA saya waktu itu adalah 165 dengan skor maksimal 300.Waktu itu saya nyaris patah arang karena sangat jauh dari kata memuaskan. Sempat berpikir bahwa saya bakal tidak lolos,tapi disana saya titipkan asa. Ternyata takdir berkata baik. Saya merupakan salah satu peserta yang dinyatakan lolos SBK. Skor saya sedikit diatas grade. Hal yang kembali melecut keyakinan saya bisa berikutnya lolos tahap substansi.

  1. Menanamkan dalam diri semangat mengabdi kepada Indonesia

Banyak yang bertanya sebenarnya calon awardee seperti apa yang dicari lpdp. Jawaban versi saya adalah lpdp sedang mencari orang-orang yang akan membangun Indonesia.Pemerintah melalui beasiswa lpdp sedang mempersiapkan pemimpin masa depan. Karena sejatinya pendidikan adalah investasi bangsa. Jadi tidak mengherankan jika hari ini lpdp megucurkan uang triliyunan untuk membiayai kualiah para awardee.

Berangkat dari itu, maka selayaknya juga kita untuk menanamkan semangat yang sama.yakni semangat untuk membangun Indonesia ini kedepannya. Jika hari ini teman-teman berpikir melanjutkan studi untuk prestise pribadi, maka sebaiknya kembali lagi diluruskan niatnya. Karena lpdp sedang mencari calon pemimpin masa depan yang profesional di bidang ilmunya.

Salah satu persyaratan administrasi nantinya adalah essay “Kontribusiku bagi Indonesia”disana nanti teman-teman sampaikan gagasan dan cita-cita mengenai Indonesia yang ingin teman-teman bangun dimasa depan.

  1. Sangat bagus jika memiliki pengalaman organisasi dan aktivitas sosial

Keterlibatan dalam organisasi dan aktivitas sosial akan sangat bermanfaat ketika teman-teman mendaftar beasiswa lpdp. Semakin banyak terlibat dalam aktivitas sosial tentu saja akan membuat kita lebih luas mengenal lingkungan dan persoalan-persoalan ditengah masyarakat. Selain itu pengalaman selama melakukan aktivitas organisasi dan sosial akan mematangkan emosional dan cara pola pikir.Sehingga ketika mengikuti tahapan seleksi lpdp akan membantu dalam menulis essay, essay on the spot dan yang paling penting adalah pada tahapan wawancara dan LGD.Jadi sangat disayangkan jika teman-teman selama kuliah tidak pernah terlibat dalam aktivitas organisasi.

Namun pertanyaannya, bagaimana jika selama perkuliahan tidak pernah terlibat dalam aktvitas organisasi? Jika teman-teman tidak pernah terlibat dalam aktivitas organisasi, maka hal yang perlu teman-teman lakukan adalah mampu mencari poit plus lain dari diri yang nantinya akan mampu menutupi kekurangan tersebut. Contohnya prestasi teman-teman selma kuliah, maupun aktivitas di laboratorium. Selai itu dalam penulisan essay hingga tahapan wawancara teman-teman harus mampu menjelaskan rencana teman-teman kedepan dengan detail, baik rencana studi maupun rencana pengabdian yang akan dilakukan.

  1.     Mengetahui periode pendaftaran

Pengalaman seleksi dalam negeri tahun 2018, periode pendaftaran administrasi adalah Mei hingga Juni. Dengan begitu sebenarnya dari sekarang teman-teman sudah dapat mempersiapkan untuk mengikuti tahapan seleksinya. Mengingat banyaknya berkas administrasi yang harus dipersiapkan, maka berkas yang sudah dapat dipersiapkan bisa mulai teman-teman persiapkan. Salah satu persyaratan yang ahrus dipersiapkan dari jauh hari adalah kemampuan bahasa inggris yang dibuktikan dengan Sertifikat Toefl ITP.

  1. Melengkapi semua persyaratan administrasi

Persyaratan administrasi yang perlu dipersipkan lumayan banyak, maka disini dibutuhkan ketelitian agar jangan sampai ada berkas yang kurang.Jangan sampai teman-teman terhenti pada tahapan administrasi.

  1. Sangat baik jika memiliki LoA

Letter of Acceptance (LoA) merupakan bukti yang menyatakan bahwa teman-teman sudah diterima di universitas tujuan. Cara mendapatkan LoA sendiri adalah teman-teman mengikuti seleksi UM Pascasarjana sesuai jadwal kampusnya masing-masing. Dalam pendaftaran beasiswa lpdp, LoA bukanlah syarat wajib. Namun merupakan sesuatu yang sangat dipertimbangkan dan bisa jadi akan sangat membantu teman-teman diterima. Mengingat teman-teman telah diterima di universitas tujuan.

Jika belum memiliki LoA juga tidak perlu khawatir, ini sama sekali tidak mengurangi kesempatan teman-teman untuk lulus. Pada kenyataannya para awardee lpdp dalam negeri 2018 masih banyak yang belum mempunyai LoA ketika dinyatakan lulus beasiswa lpdp. So, tetap semangat ya.

  1. Rajinlah mengunjungi website lpdp

Salah satu yang tidak boleh teman-teman lupa adalah sering mengunjungi web lpdp. Bukan hanya dalam rangka melihat dan mengikuti pendaftaran online. Tapi juga untuk kenalan dengan lpdp sendiri.pelajari semua informasi yang ada dalam website tersebut. Salah satunya memahami visi dari lpdp.

Demikianlah sedikit tips dari saya dalam menghadapi seleksi beasiswa lpdp. Semoga dapat membantu teman-teman yang akan mengikuti seleksi beasiswa lpdp.

Kunjungi media sosial saya…

Facebook https://www.facebook.com/sandifransis

Instagram https://www.instagram.com/sandifransisco
Youtube https://www.youtube.com/channel/UCvCWHB4XAmDG9h3uwVum27w?view_as=subscriber