“Saya ingin membuka usaha tapi tidak punya ide; Saya sudah punya ide usaha, tapi belum berani eksekusi; Saya sudah punya usaha tapi tidak berkembang karena sepi pembeli.”

Banyak orang yang berpendapat bahwa menemukan ide usaha dan menjalankannya bukanlah hal yang mudah. Pendapat tersebut tentunya tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar karena ternyata banyak juga teman-teman awardee LPDP UGM yang berani dan berhasil menjalankan usahanya. Yuk simak cerita mereka untuk menumbukan semangat wirausaha kita atau barangkali ada yang mau kolaborasi sama usaha mereka !

Mukhayatun Sholehah – Keripik Pangsit dan Toothpick Snack Dua Merpati

Mukhayatun Sholehah, mahasiswi semester 2 jurusan magister ilmu kesehatan ini telah berhasil merintis usaha membuat keripik pangsit dan snack tusuk gigi sejak 7 tahun yang lalu. Berbekal hobi berjualan dan cita-cita menjadi seorang pengusaha mbak Sholehah berani untuk memulai usaha pertamanya ini meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Keripik pangsit dan snack tusuk gigi dipilih sebagai ide usaha, karena mudah diproduksi dan dipasarkan, tahan lama tanpa bahan pengawet, dan harganya terjangkau sehingga memiliki potensi yang besar untuk laku dipasaran.

Sama seperti usaha pada umumnya, mbak Sholehah juga pernah mengalami pengalaman yang menyedihkan yakni produknya ditolak pemilik toko. Namun, mbak Sholelah tidak pantang menyerah dan terus menawarkan produknya ke toko-toko lainnya sambil memaksa dirinya sendiri untuk keluar dari zona nyaman. Alhamdulillah berkat kerja keras dan kegigihannya, saat ini produksi harian Keripik Pangsit dan Tootpick Snack Dua Merpati sudah mecapai 10 kg.

Menurut pengalaman mbak Sholehah, manfaat yang diperolehnya dari berwirausaha yakni senang karena bisa menyalurkan hobi, melatih ketrampilan berkomunikasi, menambah ilmu promosi, membangun mental yang berani dan dapat membantu keluarga. Pesan dari mbak Sholehah untuk teman-teman yang ingin memulai usaha yakni, ketika memiliki ide usaha buatlah rencana yang konkrit dan segera realisasikan ide jangan hanya disimpan dalam pikiran, kesampingkan rasa malu, belajarlah untuk memiliki pendirian yang kuat meskipun terdapat seribu alasan untuk berhenti, dan kejarlah terus impianmu sampai berhasil.

*More info. Mukhayatun Sholehah 085839183857, Email: [email protected], IG: Mukhayatunsholehah, FB: Mukhayatun Sholehah