Kelurahan LPDP menggelar Workshop yang bertajuk “Teknik Kepenulisan di Media Massa” pada Selasa, 10 Agustus 2021. Pada kesempatan ini, Wartawan senior dari Media Indonesia yang juga merupakan Awardee LPDP, Emir Chairullah, bertindak sebagai pembicara. Acara yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting ini diikuti oleh lebih dari 120 peserta baik dari peserta umum, maupun Awardee LPDP.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi peserta, khususnya dari kalangan akademisi terkait kiat-kiat untuk menulis di media massa. Terkadang banyak dari akademisi yang merasa bahwa tulisannya bagus atau berbobot, tetapi tulisannya tidak dimuat di media massa. Oleh karena itu, kegiatan ini mengulas masalah dan solusi atas permasalahan yang sering dihadapi oleh mereka yang hendak menulis di media massa.

Pada kesempatan ini, Emir yang telah berpengalaman selama 19 tahun di dunia jurnalistik dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam menulis di media massa, penulis perlu menganggap bahwa tulisan yang akan ia buat akan dibaca oleh berbagai kalangan, sehingga penting untuk menggunakan bahasa yang komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Ia turut menegaskan bahwasanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya, latar belakang penulis, pemilihan isu, pengumpulan data, dan Teknik penulisan.

Dalam menulis opini di media massa, terkadang masyarakat merasa khawatir akan digugat jika melayangkan kritik terhadap pihak tertentu. Namun, Emir menekankan bahwa tidak perlu khawatir untuk menulis di media karena di Indonesia ada regulasi tentang pers yang melindungi penulis. “Kita tidak perlu khawatir untuk menyampaikan opini ketika mengkritik opini kita melalui media massa, karena Undang-Undang yang berlaku adalah Undang-Undang Pers, bukan ITE”, tegasnya.

Workshop Teknik Kepenulisan di Media Massa ini diorganisasikan oleh Divisi Media dan Informasi, Kelurahan LPDP UGM, sebagai salah satu program kerja Kelurahan LPDP UGM. Kelurahan LPDP UGM, merupakan organisasi yang beranggotakan penerima beasiswa LPDP RI program pascasarjana yang tengah menempuh studi di Universitas Gadjah Mada.