Gelar Webinar Kewirausahaan Mengintip Peluang Hilirisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi dalam Perspektif Kewirausahaan, Kelurahan LPDP UGM undang Guru besar sekaligus dosen berprestasi Nasional

Sabtu, 21 Agustus 2021 Kelurahan LPDP UGM mengadakan webinar Kewirausahaan dengan tajuk “Mengintip Peluang Hilirisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi dalam Perspektif Kewirausahaan”. Forum webinar ini berfokus pada pembahasan dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi ataupun kewirausahaan yang melibatkan masyarakat yang dapat membantu mengembangan proses alih teknologi khususnya yang berorientasi pada pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan serta mendorong peranan Iptek dalam peningkatan daya saing bangsa. Acara yang digelar melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta umum maupun awardee LPDP

Webinar Kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai ide, peluang dan tantangan hasil riset perguruan tinggi yang dapat diimplementasikan menjadi peluang usaha untuk mensejahterakan masyarakat; mendorong para peserta untuk berperan aktif melakukan riset yang kreatif dan inovatif yang sedapat mungkin dapat dimanfaatkan kepada masyarakat; dan memberikan pengalaman kepada peserta terkait proses dan hasil produk riset dan inovasi yang sudah diimplementasikan ke masyarakat.

Hadir sebagai narasumber Prof. Ir. Alva Edy Tontowi M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng sebagai pembicara pertama membawakan materi yang berjudul “Membangun Bisnis yang Kompetitif”, beliau menyampaikan bahwa UMKM kita termasuk Start-Up bisnis, yang mikro maupun makro perlu fleksibel untuk melihat perubahan pasar sehingga fasilitas dan SDM bisa lebih fleksibel. Dalam bisnis kompetitif ada hal yang perlu dilakukan diantaranya; UMKM menjalankan inovasi total yakni inovasi dalam hal supply, demand dan influencer, dan regulator atau pemerintah; produknya inovatif, SDM berkarakter innovator, serta ada dukungan dari API (Akademisi, Pemerintah, dan Industri).

Taofik Rifai sebagai product lead agile innovation lab hadir sebagai pembicara kedua memberikan pesan penutup bahwa sebagai akademisi, manfaatkan momen kuliah untuk meningktakan kapasitas, membuka aktifitas dan wawasan di luar, perluas networking dan mengambil inspirasi darinya yang suatu hari akan berguna bagi diri pribadi dan orang lain.

Webinar Mengintip Peluang Hilirisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi dalam Perspektif Kewirausahaan ini diorganisasikan oleh Divisi Kewirausahaan Kelurahaan LPDP UGM, sebagai salah satu program kerja Kelurahan LPDP UGM. Kelurahan LPDP UGM, merupakan organisasi yang beranggotaakan penerima  beasiswa LPDP RI program pascasarjana yang tengah menempuh studi di Universitas Gadjah Mada.